Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya bila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Karenanya utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Ketetapan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen setia dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas kesalahan konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karena itu PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dikerjakan perombakan usai, konsumen setia menghendaki tambahan listrik kemabali karena itu konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan tambahan anyar.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat lihat tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas laporan keluh kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id di browser computer atau handphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Di halaman inti akan ditunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.