Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Karena itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Keputusan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya perihal itu, konsumen bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen:
Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Bila 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dilaksanakan perombakan kelar, konsumen setia mendambakan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen harus tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan tambahan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat ketahui berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke rekan-rekan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Pada halaman pokok akan diunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.