Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Karenanya keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Ketetapan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dikatakan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen setia juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dikerjakan perombakan selesai, konsumen setia mengidamkan kaitan listrik kemabali karena itu konsumen harus tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan sebagai keinginan tambahan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, tempat aduan keluhkesah konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau ribet mendownload aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id di browser pc atau handphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, password, dan verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Di halaman inti bakal diunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.