Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberi ancaman.
Sebab itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal itu, konsumen bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen setia:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dilaksanakan perombakan kelar, konsumen mendambakan tambahan listrik kemabali jadi konsumen setia haruslah tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan tambahan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluhkesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya layanan cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi halaman Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, dan verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Pada halaman penting dapat dipertunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.