Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang memberi ancaman.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Ketetapan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen bisa juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, jadi PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila seusai dikerjakan perombakan usai, konsumen inginkan kaitan listrik kemabali karena itu konsumen harus tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan sebagai permohonan ikatan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek tagihan listrik pasca bayar, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, fasilitas laporan rintihan konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Di halaman pokok bakal ditayangkan info tagihan listrik dan pembelian token.