Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Karena itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semua tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal itu, konsumen dapat juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dilaksanakan perombakan selesai, konsumen menghendaki ikatan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan selaku permohonan lanjutan anyar.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat laporan keluh kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu jadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, password, dan verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Di halaman pokok akan diperlihatkan info tagihan listrik serta pembelian token.