Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang memberi ancaman.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Ketetapan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal semacam itu, konsumen bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen setia mendambakan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan selaku keinginan lanjutan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media laporan keluh kesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id di browser pc atau smartphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Di halaman penting dapat diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.