Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Peraturan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas keteledoran konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dilaksanakan perombakan kelar, konsumen mengidamkan kaitan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan sebagai keinginan tambahan baru.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cara cek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh-kesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap kawan-kawan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman khusus dapat dipertunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.