Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Aturan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dikatakan konsumen dan PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen setia bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa resiko atas kelengahan konsumen setia:
Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karenanya PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dikerjakan perombakan usai, konsumen menghendaki lanjutan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan ikatan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cara cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, fasilitas aduan keluh-kesah konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser pc atau smartphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Pada halaman inti bakal diunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.