Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberikan ancaman.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali perihal itu, konsumen dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kelengahan konsumen setia:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Apabila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dijalankan perombakan tuntas, konsumen setia mengharapkan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen setia harus tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan lanjutan baru.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, media laporan keluhkesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tidak akan ribet mendownload aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id di browser pc atau handphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Di halaman inti akan ditayangkan data tagihan listrik serta pembelian token.