Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang memberi ancaman.
Oleh karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali perihal itu, konsumen dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dikerjakan perombakan tuntas, konsumen menghendaki lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan ikatan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau handphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, kata kunci, serta verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Pada halaman pokok akan diperlihatkan data tagihan listrik serta pembelian token.