Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang memberikan ancaman.
Sebab itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu disebutkan konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal semacam itu, konsumen setia juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kelengahan konsumen setia:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir apabila selesai dilaksanakan perombakan selesai, konsumen setia inginkan kaitan listrik kemabali karena itu konsumen setia harus tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan lanjutan anyar.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cara cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh kesah konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Pada halaman pokok akan ditayangkan data tagihan listrik dan pembelian token.