Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberikan ancaman.
Karenanya keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan serta Keputusan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen juga dapat lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karena itu PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir apabila sesudah dijalankan perombakan selesai, konsumen menghendaki ikatan listrik kemabali karenanya konsumen setia harus tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan lanjutan baru.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, media laporan rintihan konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau ribet mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account dan kata kunci
Di halaman inti bakal ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.