Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Peraturan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dikatakan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali hal semacam itu, konsumen juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kesalahan konsumen setia:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, jadi PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dijalankan perombakan usai, konsumen mendambakan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen setia harus tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan tambahan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat lihat tagihan listrik, bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, tempat aduan rintihan konsumen serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal ketahui berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi amat referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Di halaman khusus bakal dipertunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.