Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Oleh karena itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Keputusan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping hal semacam itu, konsumen bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas kesalahan konsumen setia:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dilaksanakan perombakan kelar, konsumen menghendaki kaitan listrik kemabali karena itu konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan selaku keinginan kaitan anyar.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN memberinya layanan cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi password
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Di halaman penting dapat diunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.