Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Karenanya keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen dan PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Kalau konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Bila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, jadi PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen menghendaki kaitan listrik kemabali karena itu konsumen setia harus tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan jadi permohonan kaitan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, tempat laporan keluh-kesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, serta verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Pada halaman khusus akan ditunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.