Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberi ancaman.
Karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Aturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping hal semacam itu, konsumen juga dapat lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas kelengahan konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karena itu PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dikerjakan perombakan selesai, konsumen inginkan ikatan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan sebagai permohonan tambahan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah penggunaan listrik, fasilitas laporan rintihan konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, dan verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Pada halaman pokok dapat dipertunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.