Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberi ancaman.
Sebab itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Keputusan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Kecuali perihal itu, konsumen setia bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas keteledoran konsumen:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Bila 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau seusai dikerjakan perombakan usai, konsumen setia mengharapkan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen harus tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan jadi permohonan tambahan anyar.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk lihat tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat laporan keluhkesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap kawan-kawan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account dan kata kunci
Pada halaman pokok dapat dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.