Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Sebab itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Aturan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen setia bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, jadi PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila selesai dilaksanakan perombakan selesai, konsumen setia menghendaki ikatan listrik kemabali karenanya konsumen setia harus tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan ikatan anyar.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk lihat tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek histori penggunaan listrik, media laporan keluhkesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke kawan-kawan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak akan ribet mengambil aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, password, dan verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Di halaman pokok akan ditayangkan data tagihan listrik dan pembelian token.