Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Karenanya keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan serta Peraturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dikatakan konsumen dan PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen setia dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen setia:
Kalau konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Kalau 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dilaksanakan perombakan selesai, konsumen setia mengidamkan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen harus tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan ikatan anyar.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk lihat tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat aduan rintihan konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu bakal ketahui berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, serta verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Pada halaman khusus akan ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.