Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang meneror.
Oleh karena itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Peraturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir apabila selesai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen mendambakan lanjutan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan ikatan baru.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cara cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluhkesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengenal berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id di browser computer atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, serta verifikasi password
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Di halaman pokok bakal diperlihatkan info tagihan listrik serta pembelian token.