Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Sebab itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Peraturan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal itu, konsumen setia juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen setia:
Kalau konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dikerjakan perombakan selesai, konsumen menghendaki tambahan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan tambahan baru.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, transaksi bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, tempat laporan keluh kesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada kawan-kawan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, password, dan verifikasi password
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Di halaman inti akan ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.