Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Peraturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen serta PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali hal semacam itu, konsumen dapat juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa resiko atas kesalahan konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dijalankan perombakan kelar, konsumen mengidamkan ikatan listrik kemabali karena itu konsumen setia tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan lanjutan baru.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh kesah konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada kawan-kawan kamu, jadi benar-benar referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id di browser computer atau mobile-phone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, dan verifikasi password
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account dan password
Pada halaman khusus dapat diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.