Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semua tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal semacam itu, konsumen bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Bila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen setia mendambakan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi permohonan kaitan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cara cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan keluhkesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi amat referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, serta verifikasi password
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman inti bakal ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.