Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Sebab itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Keputusan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal semacam itu, konsumen juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen setia:
Bila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Bila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dijalankan perombakan selesai, konsumen mengidamkan tambahan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan sebagai permohonan lanjutan anyar.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke kawan-kawan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id pada browser computer atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor hp, password, dan verifikasi password
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Di halaman penting akan diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.