Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang memberikan ancaman.
Oleh karena itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Aturan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal itu, konsumen setia bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kelengahan konsumen setia:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Bila 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, jadi PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila selesai dijalankan perombakan tuntas, konsumen menghendaki tambahan listrik kemabali karena itu konsumen setia haruslah tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan kaitan anyar.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cara cek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluhkesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau smartphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Di halaman pokok bakal dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.