Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Aturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping hal semacam itu, konsumen setia dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia menghendaki kaitan listrik kemabali karena itu konsumen setia haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan sebagai keinginan lanjutan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, media laporan keluhkesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi amat referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi password
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Di halaman khusus akan ditayangkan info tagihan listrik dan pembelian token.