Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat dan Keputusan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal itu, konsumen setia bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sebentar.
Apabila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dilaksanakan perombakan usai, konsumen mengidamkan ikatan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan menjadi keinginan tambahan anyar.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada rekan-rekan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, serta verifikasi password
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account dan password
Pada halaman pokok dapat dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.