Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang memberi ancaman.
Karena itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Servis dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Aturan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal itu, konsumen setia bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kesalahan konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Bila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karena itu PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dilaksanakan perombakan usai, konsumen mengharapkan kaitan listrik kemabali jadi konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan jadi permohonan lanjutan baru.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek bayar listrik, bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, media laporan keluhkesah konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenal berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi amat saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak akan ribet mengambil aplikasi, PLN memberinya layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Pada halaman penting dapat ditayangkan data tagihan listrik dan pembelian token.