Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Oleh karena itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Keputusan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping hal semacam itu, konsumen juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen setia:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dijalankan perombakan usai, konsumen mendambakan kaitan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi permohonan tambahan anyar.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek histori penggunaan listrik, fasilitas aduan rintihan konsumen serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal ketahui berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke kawan-kawan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau mobile-phone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, dan verifikasi password
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Di halaman penting dapat diunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.