Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semua tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Ketetapan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya disebutkan konsumen setia serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal semacam itu, konsumen juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa resiko atas kesalahan konsumen:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Bila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dikerjakan perombakan kelar, konsumen mendambakan tambahan listrik kemabali karenanya konsumen setia tetaplah harus melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan tambahan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenal berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tidak mau ribet mengambil aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Di halaman penting dapat diperlihatkan info tagihan listrik dan pembelian token.