Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Oleh karena itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Servis dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dikatakan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal itu, konsumen setia dapat juga mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kesalahan konsumen setia:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila selesai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen mengidamkan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan lanjutan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk lihat tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan rintihan konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen buat berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, dan verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Di halaman pokok dapat ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.