Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Karena itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Keputusan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali hal semacam itu, konsumen dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa dampak atas kesalahan konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Bila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dikerjakan perombakan usai, konsumen setia mengidamkan tambahan listrik kemabali karenanya konsumen harus tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan tambahan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk lihat tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, fasilitas laporan keluhkesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenal berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id di browser computer atau smartphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, dan verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Di halaman penting akan dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.