Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya kalau hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Karenanya keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat dan Peraturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping hal itu, konsumen setia dapat juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kesalahan konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dijalankan perombakan usai, konsumen setia mengharapkan tambahan listrik kemabali jadi konsumen haruslah tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan kaitan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, tempat aduan rintihan konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap kawan-kawan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Di halaman inti dapat ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.