Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Karenanya utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Aturan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia bisa pula mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dikerjakan perombakan selesai, konsumen menghendaki kaitan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan ikatan anyar.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat lihat tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, media aduan keluh kesah konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, serta verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Di halaman pokok dapat diunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.