Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Karenanya utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Aturan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali hal itu, konsumen setia juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen setia:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila seusai dikerjakan perombakan selesai, konsumen mengharapkan ikatan listrik kemabali karenanya konsumen setia harus tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan lanjutan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cara cek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas laporan rintihan konsumen setia dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, kata kunci, dan verifikasi password
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account dan kata kunci
Di halaman inti bakal diunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.