Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Ketetapan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen bisa pula mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas keteledoran konsumen setia:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karenanya PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia mengidamkan ikatan listrik kemabali karena itu konsumen haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan ikatan anyar.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat lihat tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan keluh-kesah konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau ribet mendownload aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id pada browser pc atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Di halaman penting dapat ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.