Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya kalau sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Sebab itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali hal itu, konsumen setia dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karena itu PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen menghendaki tambahan listrik kemabali karena itu konsumen setia tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan lanjutan baru.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan keluh kesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen buat berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, password, dan verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Pada halaman penting bakal ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.