Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang memberikan ancaman.
Karenanya keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Keputusan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya perihal itu, konsumen bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen setia:
Bila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dijalankan perombakan tuntas, konsumen setia mendambakan ikatan listrik kemabali karena itu konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan ikatan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap rekan-rekan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser pc atau smartphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, dan verifikasi password
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Pada halaman inti akan dipertunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.