Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Sebab itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Ketetapan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen setia juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila selesai dilaksanakan perombakan selesai, konsumen setia mengharapkan ikatan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan jadi permohonan tambahan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, tempat laporan rintihan konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi benar-benar referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak akan ribet mendownload aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser computer atau smartphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, dan verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Pada halaman pokok bakal diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.