Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Karenanya keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan serta Aturan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu disebutkan konsumen serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping perihal itu, konsumen setia dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sebentar.
Bila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karena itu PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dijalankan perombakan selesai, konsumen menghendaki lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen setia harus tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan selaku permohonan tambahan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cara cek bayar listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi password
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Di halaman inti bakal ditunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.