Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.
Karena itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Aturan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Kecuali perihal itu, konsumen setia juga dapat lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kesalahan konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dijalankan perombakan usai, konsumen setia mendambakan tambahan listrik kemabali karenanya konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya serta dibutuhkan selaku keinginan ikatan anyar.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan rintihan konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau ribet mengambil aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id pada browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, dan verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman pokok bakal dipertunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.