Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali perihal itu, konsumen setia bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila seusai dikerjakan perombakan tuntas, konsumen setia inginkan ikatan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan selaku permohonan kaitan baru.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk mengecek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, media laporan rintihan konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke kawan-kawan kamu, jadi sangatlah referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Pada halaman khusus dapat ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.