Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberi ancaman.
Oleh karena itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal semacam itu, konsumen setia dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dijalankan perombakan selesai, konsumen menghendaki kaitan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan tambahan baru.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat mengecek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, media laporan keluh kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap kawan-kawan kamu, jadi amat referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id di browser pc atau handphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Pada halaman pokok akan ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.