Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang meneror.
Oleh karena itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Peraturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya perihal itu, konsumen juga dapat lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dilaksanakan perombakan kelar, konsumen setia inginkan tambahan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku keinginan tambahan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh kesah konsumen serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi web Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi kata kunci
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Di halaman inti dapat diperlihatkan data tagihan listrik serta pembelian token.