Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Sebab itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Peraturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu disebutkan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal itu, konsumen setia bisa pula kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila seusai dijalankan perombakan selesai, konsumen mendambakan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan tambahan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cara cek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, tempat aduan rintihan konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal ketahui berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke kawan-kawan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak mau ribet mengambil aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor hp, password, serta verifikasi kata kunci
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account dan password
Di halaman khusus akan ditunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.