Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya bila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang meneror.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali hal semacam itu, konsumen setia bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa resiko atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dijalankan perombakan selesai, konsumen setia mendambakan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan ikatan baru.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh-kesah konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke kawan-kawan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id di browser computer atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, serta verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Pada halaman pokok bakal ditayangkan info tagihan listrik dan pembelian token.