Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang memberi ancaman.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Peraturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping hal itu, konsumen setia dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Apabila 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dikerjakan perombakan usai, konsumen setia menghendaki ikatan listrik kemabali jadi konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan kaitan baru.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cara cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, tempat laporan keluh-kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenal berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin ribet mengambil aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau telpon seluler.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Di halaman khusus akan dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.