Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Sebab itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Keputusan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen setia juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa resiko atas keteledoran konsumen:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dilaksanakan perombakan kelar, konsumen setia mengidamkan tambahan listrik kemabali karena itu konsumen haruslah tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan kaitan baru.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluhkesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, dan verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Pada halaman penting dapat ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.