Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.
Karenanya keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Ketetapan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping perihal itu, konsumen bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen setia:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila selesai dikerjakan perombakan tuntas, konsumen inginkan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya serta dibutuhkan selaku keinginan ikatan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cara cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh-kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada kawan-kawan kamu, jadi sangatlah referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id di browser computer atau handphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Di halaman penting akan dipertunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.